Rabu, 25 Desember 2013

Peranan Komunikasi Dalam Organisasi



      Kerja sama dan komunikasi, merupakan hal sangat penting dan pasti diajarkan apabila berada dalam suatu kumpulan, lembaga atau organisasi. Dalam tulisan kali ini akan membahas bagaimana pentingnya peranan komunikasi itu sendiri dalam sebuah organisasi.

      Sebagai makhluk sosial manusia sangatlah dituntut untuk berkomunikasi antar sesama dalam berbagai lingkup, baik lingkungan kecil maupun lingkungan dalam skala besar. Dapat kita ketahui salah satu lingkungan tersebut dapat berupa sebuah organisasi. Organisasi bisa digolongkan ke dalam sebuah lingkungan yang luas karena dalam sebuah organisasi dapat terdiri dari banyak orang yang belum dikenal bahkan tidak diketahui asal usulnya atau latar belakangnya tidak seperti keluarga (lingkungan kecil) yang telah kita kenal sejak lahir. oleh karena itu, peranan komunikasi sangat berguna dalam keberlangsungan sebuah organisasi.

      Adapun baiknya terlebih dahulu kita tahu pengertian dari komunikasi itu sendiri. Komunikasi adalah sebuah penyampaian informasi yang dapat berupa pesan, saran atau pendapat untuk mengemukakan suatu tujuan. Ada 2 jenis komunikasi, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi yang langsung disampaikan secara lisan. Sedangkan komunikasi non verbal adalah komunikasi yang disampaikan dapat berupa isyarat, bahasa tubuh atau sandi-sandi tertentu yang dapat dimengerti oleh pihak yang lain.



      Komunikasi antar anggota dalam sebuah organisasi juga memiliki beberapa tujuan, misalnya :
  1. Seorang anggota organisasi dapat mengajukan pendapatnya untuk dipertimbangkan oleh anggota yang lain.
  2. Kerja sama akan terjalin sangat baik jika ada komunikasi antar anggota organisasi.
  3. Mencegah adanya kesalah pahaman yang terjadi antara satu anggota dengan anggota yang lainnya.
  4. Lebih terjalin rasa persaudaraan dalam sebuah organisasi
  5. Dapat menciptakan organisasi yang lebih baik dan inovatif dengan adanya gagasan-gagasan yang luar biasa.
  6. Mencegah bubarnya atau terpecahnya sebuah organisasi karena adanya perbedaan pendapat.
      Dari pembahasan tentang tulisan kali ini, maka dapat diambil kesimpulan bahwa komunikasi memiliki peranan yang sangat penting  karena dengan komunikasi lah kita dapat saling mengerti dan memahami apa yang diinginkan atau tidak diinginkan oleh orang-orang disekitar kita dalam lingkup apapun untuk menjalin sebuah persatuan yang erat dan menjadikan lingkungan sekitar kita lebih baik dan berkembang. Tanpa adanya komunikasi manusia bukanlah apa-apa, karena sekali lagi manusia hanyalah makhluk sosial yang harus hidup berdampingan dan bergotong royong.


sumber pembahsan : "Komunikasi"-wikipedia.
sumber gambar       : Google