Rabu, 31 Oktober 2012

Perkembangan islam di Indonesia

PERKEMBANGAN AGAMA DAN BUDAYA ISLAM DI INDONESIA

   Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam. Tetapi agama itu tidak ada dengan sendirinya masuk ke Indonesia. Ada masa dimana agama Islam berkembang masuk ke dalam Indonesia. Menurut ilmu sejarah pada waktu SMA yang saya pelajari, agama Islam berkembang melalui orang-orang yang tinggal di sepanjang pesisir laut. Karena laut merupakan jalur perdagangan terbesar di Indonesia.

    
   Perkembangan agama Islam itupun tidak begitu saja tercipta, dan perkembangan tersebut dapat dipercayai dengan adanya bukti-bukti. Contohnya bentuk dan struktur atap masjid yang berbentuk kubah, peninggalan budaya dan sejarah agama islam, ilmu pengetahuan yang dipelajari dan masuk ke dalam kurikulum pendidikan, dan ajaran-ajaran tentang agama islam seperti kebiasaan beribadah atau sholat, mengaji dan bershalawat sekalipun shalawat yang dilakukan dengan nyanyian.

   Perkembangan itu tidak hanya dipelajari melalui bukti-bukti tersebut, ada pula orang-orang yang berjuang dalam penyebaran agama tersebut. Mereka yang berjuang dalam menyebarkan agama biasa disebut dengan ulama, kyai ataupun syeh. Ada diantara para ulama atau syeh tersebut yang sangat terkenal dan menjadi sosok panutan dalam penyebaran agama islam di Indonesia, sebut saja Wali Songo. Para wali menyebarkan agama dengan cara yang berbeda-beda, diantaranya dengan berdakwah, dengan seni seperti nyanyian islam atau saat ini disebut Marawis, dan dengan contoh-contoh yang menunjukan perbuatan baik yang dikaitkan dengan pesan moral yang menjadi nilai agama islam.
  


   
   Setelah agama islam masuk dan berkembang pesat di Indonesia, banyak ciri khas dari agama islam yang menjadi suatu icon atau simbol dari daerah-daerah tertentu di Indonesia. Termasuk kerajaan-kerajaan islam yang pernah didirikan di daerah-daerah tertentu di Indonesia. Banyak sekali bukti-bukti peninggalan kerajaan-kerajaan islam di Indonesia yang dikait-kaitkan dengan perkembangan islam di Indonesia.


   Jadi, dapat disimpulkan bahwa budaya islam membawa banyak pengaruh bagi penduduk di Indonesia. Dengan contoh, banyaknya kebiasaan-kebiasaan yang sampai saat ini masih dilakukan yang mengandung nilai-nilai agama islam tersebut, makin banyak orang-orang yang terus mengembangkan agama Islam, baik secara seni, artistik ataupun melalui pengembangan IPTEK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar