Minggu, 07 Juli 2013

Manusia dan Penderitaan

         Mungkin secara fisik penderitaan yang selama ini dirasakan manusia terjadi akibat adanya pengaruh rasa sakit. Tapi sebenarnya mereka juga dapat merasakan penderitaan yang dapat dialami tanpa ada hubungannya dengan fisik. Dalam tulisan kali ini saya akan mencoba membahas beberapa pernyataan tentang penderitaan yang dapat dirasakan manusia sesuai dengan pemikiran yang saya dapat secara objektif dan universal.

        Penderitaan merupakan suatu keadaan dimana kita merasakan sesuatu yang tidak diinginkan oleh kita dan berakibat buruk pada diri kita yang mungkin kita tidak dapat bertahan tapi kita masih mungkin untuk terlepas dari keadaan tersebut. Adapun penderitaan yang disebabkan oleh manusia sendiri baik fisik maupun batin, serta penderitaan yang datangnya dari ketetapan yang diberikan oleh Tuhan.

         Beberapa contoh dari penderitaan yang disebabkan oleh manusia yaitu penderitaan seperti yang masih banyak kita jumpai, orang-orang yang menderita kemiskinan, kelaparan, pengangguran dan tidak memiliki tempat tinggal (gelandangan).
Sedangkan contoh penderitaan yang disebabkan oleh ketetapan Tuhan yaitu para korban penderita bencana alam.

         Penderitaan-penderitaan tersebut dapat mengakibatkan dampak buruk, tidak hanya fisik melainkan batin pun akan menderita karena pasrah harus sampai kapan akan bertahan padahal kita tahu bahwa kita tidak akan bertahan dalam keadaan yang menderita seperti semua hal itu. Namun, kita dapat keluar dari penderitaan itu semua dengan cara mencari permasalahan dari penderitaan yang kita alami dan mnyelesaikan masalah tersebut dengan cara yang bukan dengan hanya pemikiran tapi juga dengan segala dampak dan efek yang akan kita terima, apakah cara kita berhasil mengeluarkan kita dari permasalahan itu atau sebaliknya.

         Jadi, kesimpulan yang dapat saya ambil dari penulisan tentang manusia dan penderitaan kali ini adalah penderitaan bukanlah akhir dari segalanya dan bukan penghenti langkah kita untuk tetap hidup dan terlepas darinya. Berpikir positif dan mengingat bahwa penderitaan itu adalah sebuah masalah, dan setiap masalah pasti ada penyelesaian dan jalan keluarnya. Jalan keluar itu dapat berupa seberapa besar usaha kita untuk menyelesaikan dan keluar dari penderitaan itu ataupun lebih mendekatkan diri kepada-Nya, meminta doa, ridho, serta perlindungan kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar