Kamis, 08 November 2012

Sejarah Perkembangan Hindu-Budha di Indonesia

SEJARAH HINDU-BUDHA DI INDONESIA

  Hindu-Budha, merupakan salah satu agama yang cukup berkembang di Indonesia. Walaupun pemeluk agama ini bisa dibilang kecil di Indonesia, tetapi sejarah perkembangan agama ini sangat besar dan berpengaruh di Indonesia. Seperti halnya perkembangan agama islam di Indonesia, agama hindu-budha juga bermula dari tukar pikiran dan tukar kebudayaan yang dilakukan oleh penduduk di sekitar pesisir pulau di Indonesia.

  Agama hindu-budha juga memiliki sejarah dengan sepeninggalan kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia. Bukti-bukti berupa candi dan arca, adalah bukti-bukti yang sangat otentik dan mendominasi yang melambangkan agama hindu-budha pada masa itu. Beberapa contoh bukti peninggalan jaman pra sejarah yaitu, candi borobudur, candi prambanan, dan candi-candi lainnya di Indonesia, serta patung-patung arca yang menjadi simbol-simbol bagi agama hindu-budha misalnya, patung arca Ganesha.

AGAMA HINDU
   Dalam ilmu sejarah yang pernah saya pelajari, disebutkan bahwa dalam sejarah perkembangan Hindu pernah mengalami penggolongan kasta atau derajat bagi rakyatnya. Dan kasta-kasta tersebut adalah:
  1. Kasta Brahmana, golongan tertinggi yang diketegorikan untuk para tetua atau pemimpin suku
  2. Kasta Katria, golongan yang dimaksudkan untuk para satria, prajurit dan bangsawan
  3. Kasta Waisya, yang terdiri dari golongan petani dan pedagang
  4. Kasta Sudra, golongan paling rendah yang dinobatkan untuk para budak.

  Agama hindu sangat mempercayai dan meyakini adanya dewa. Ada 3 dewa tertinggi yang disembah oleh umat agama hindu, yaitu Dewa Brahmana, Dewa Wisnu dan Dewa Syiwa. Umat agama hindu berpedoman pada kitab suci Weda. Tempat peribadatan agama hindu adalah Pura.


 

AGAMA BUDHA
  
  Setelah memahami sumber, menurut saya Budha adalah orang yang telah mencapai titik kesempurnaan. Menurut yang saya tahu, agama budha memiliki sosok pedoman yaitu Sidharta Gautama. Pemeluk agama budha berpegang teguh pada kitab Tripitaka. Seluruh umat beragama budha beribadah di tempat peribadatan yang bernama Wihara.


  


  Dapat disimpulkan bahwa, walau berbeda ajaran agama tetapi perkembangan agama di Indonesia memiliki dasar yang sama. Memiliki satu tujuan yang mulai yaitu dalam segi hal yang positif dan hal yang menuju kebaikan. Perkembangan agama hindu-budha menjadi sangat berpengaruh bagi umat yang memeluk agama hindu-budha dalam berbagai aspek kehidupan.


sumber referensi (http://id.scribd.com/doc/31097065)

2 komentar: