Rabu, 08 Oktober 2014

BAHASA



Pengertian Bahasa 
     Bahasa merupakan bidang ilmu yang telah kita pelajari sejak di sekolah dasar. Saat manusia berada di usia balita, mungkin telah diajarkan untuk belajar berbicara. Tetapi pada dasarnya mereka belum tahu bahasa secara umum. Setelah kita mempelajari barulah kita sadar bahwa bahasa merupakan alat untuk kita berkomunikasi dengan orang lain melalui kosa kata yang mudah dipahami dan dimengerti maksudnya oleh orang lain.
     Dahulu kala sebelum terdapat peradaban modern seperti di zaman sekarang ini, manusia prasejarah lebih sering menggunakan bahasa tubuh untuk berkomunikasi. Selain itu, menurut penemuan artefak dan peradaban zaman prasejarah yang tertulis di dinding gua disebutkan bahwa manusia prasejarah meninggalkan tulisan berupa simbol dan gambar yang digunakan untuk menceritakan kehidupannya kepada orang-orang di masa yang akan datang. Jadi, inilah yang menjadi cikal bakal perkembangan bahasa yang digunakan bagi generasi-generasi di masa sekarang ini.

Bahasa Indonesia
     Menurut informasi dari sumber yang saya baca, bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928, di mana para pemuda Indonesia berikrar :
1. Bertumpah darah satu, tanah air Indonesia
2. Berbangsa satu, bangsa Indonesia
3. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia
Ikrar tersebut yang hingga saat ini dikenal sebagai Sumpah Pemuda. 
     Poin ketiga dari Sumpah Pemuda menyatakan bahwa bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pemersatu bangsa. Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa negara pada 18 Agustus 1945 yang disahkan oleh Undang-Undang Dasar 1945.
     Sekilas sejarah bahasa Indonesia yang telah saya pelajari sejak di bangku sekolah mengungkapkan bahwa bahasa Indonesia merupakan keturunan dari bahasa rumpun melayu. Hal ini diakibatkan dari siklus perdagangan yang terjadi di Indonesia yang di singgahi oleh pedagang dari berbagai negara. Para pedagang ini tidak hanya melakukan perdagangan melainkan membawa beberapa kebudayaan yang diajarkan kepada penduduk Indonesia dan juga ajaran agama di Indonesia. Bahasa melayu dikenal sejak kebudayaan agama Budha yang masuk ke Indonesia karena pada waktu itu buku pelajaran agama Budha menggunakan bahasa melayu. Lalu bahasa melayu lebih berkembang lagi setelah ajaran Islam masuk ke Indonesia. Bukti-bukti ini ditemukan dari prasasti-prasasti dan batu tulis yang ditemukan pada zaman kerajaan-kerajaan Indonesia zaman dulu.
Penggunaan bahasa melayu tersebut kemudian dikembangkan dan disesuaikan dengan lafal yang mudah bagi orang-orang Indonesia sehingga tercipta lah bahasa Indonesia yang kita gunakan sehari-hari hingga saat ini. 
     Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau yang dipisahkan oleh lautan. Oleh karena itu, Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang dianut oleh penduduknya. Di setiap pulau terdapat adat istiadat dan bahasanya masing-masing. Bahasa itu disebut dengan bahasa daerah. Contoh bahasa daerah di Indonesia misalnya, bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Betawi, bahasa Bali, bahasa Minangkabau, bahasa Bugis, bahasa Madura, bahasa Aceh, bahasa Banjar, dan masih banyak lagi. Adanya bahasa-bahasa daerah tersebut disebabkan oleh kebiasaan adat yang turun temurun dari setiap daerah di masing-masing pulau di Indonesia.

      Jadi kesimpulannya, bahasa diciptakan sebagai alat komunikasi bagi manusia untuk memahami satu sama lain. Bahasa Indonesia merupakan contoh bahasa yang digunakan untuk mempersatukan bangsa Indonesia yang memiliki berbagai macam bahasa daerah agar setiap daerah bisa bersatu dengan daerah yang lain dan tidak terjadi perpecahan antara sesama bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar