Selasa, 15 Januari 2013

FUNGSI AGAMA DALAM MASYARAKAT

GUNA AGAMA TERHADAP KELOMPOK MASYARAKAT

   Berbicara tentang agama pastilah kita beranggapan tentang keTuhanan, ketakwaan, keimanan dan ilmu agama lainnya. Apa sih arti agama dalam pandangan secara umum?

   Menurut saya agama adalah sebuah sistem kepercayaan yang dipegang teguh oleh setiap orang yang menurut mereka telah sesuai dengan cara terbaik mereka untuk berhubungan atau berinteraksi dengan Tuhan Yang Maha Esa.

   Namun saat ini, agama jarang sekali disinggung ke dalam kehidupan kita. Hal tersebut dikarenakan suatu individu atau dalam kelompok besarnya adalah masyarakat, telah terlena dan tergiur dengan kehebatan dan kenikmatan di dunia. Semakin banyak muncul masalah-masalah yang bertentangan dengan nilai agama. Oleh karena itu, aspek-aspek dan nilai-nilai moral tentang pendidikan agama harus lebih dikembangkan lagi dan ditanamkan pada anak sejak usia dini.

   Beberapa fungsi agama akan sangat berguna sekali dalam kehidupan bermasyarakat, contoh dari fungsi agama tersebut :
  1. Pedoman hidup
  2. Menambah ilmu pengetahuan tentang moral dan nilai agama
  3. Mencegah masyrakat atau para pemuda khususnya melakukan perbuatan maksiat dan pergaulan yang bebas
  4. Mampu mengadakan kegiatan yang positif dikalangan masyarakat
  5. Mengrtahui tata cara berinteraksi yang baik terhadap sesama masyarakat
  6. Mempertebal iman dan sadar akan kebesaran Tuhan yang akan membuat masyarakat berpikir takut untuk melakukan tindakan yang buruk
   Jadi, fungsi dari agama ini pada dasarnya memiliki maksud dan tujuan yang sangat mulia dan hampir dengan seluruh kegiatan yang baik pada prosesnya. Belajar untuk saling menghargai dan menghormati dan tak mengenal perbedaan tentang agama apa saja yang dipeluk oleh masing-masing anggota masyarakat


Referensi : wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar