Sabtu, 19 Januari 2013

hubungan individu, keluarga dan masyarakat

HUBUNGAN INDIVIDU, KELUARGA, dan MASYARAKAT

 

  Hidup ditengah-tengah keluarga dan masyarakat, kita sebagai individu harus mengerti setiap hubungan antara ketiganya. Dalam penulisan sebelumnya saya telah membahas tentang keluarga. Jadi, tidak akan sulit untuk memahami hubungan ketiganya.

  Pertama-tama kita pahami terlebih dahulu arti dari individu, keluarga, dan masyarakat. Individu dapat diartikan seseorang atau satu manusia. Keluarga yaitu kelompok kecil individu yang berada dalam satu tempat tinggal. Sedangkan masyarakat yaitu sekumpulan individu dan kelompok yang berkumpul dalam suatu wilayah atau lingkungan.

  Hubungan ketiganya dapat dikaitkan bahwa individu membentuk keluarga, dan beberapa keluarga akan menjadi masyarakat. Tapi hubungan ketiganya akan tercipta jika adanya suatu jalinan positif yang akan mempererat dan mengembangkan ketiganya. Setiap individu mulai terlahir dan masuk ke dalam kelompok kecilnya yang disebut keluarga. Dan keluarga yang menempati dan tinggal dalam suatu daerah akan mengembangkan diri mereka ke dalam kelompok besar yang disebut masyarakat.

  Jadi, dapat disimpulkan bahwa perkembangan ketiganya saling memberikan efek timbal balik. Jika ketiganya tidak dapat disatukan maka tidak akan pernah tercipta kelompok-kelompok tersebut. Dan intinya bagaimana cara ketiga hubungan tersebut beradaptasi untuk menjalani hidup bersama-sama untuk tujuan yang positif agar semakin berkembang lagi.

  Nah, demikian pembahasan kali ini dan penulisannya berdasarkan pola pikir yang saya kembangkan berdasarkan pola kehidupan bermasyarakat sehari-hari yang biasa dijalani.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar